Surat Al-Baqarah Ayat 97 dan 98

97. Katakanlah: "Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, Maka Jibril itu Telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.
98. Barang siapa yang menjadi musuh Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, Maka Sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir.


Keterangan:
Bahwa sejak kenabian Muhammad semakin tampak, maka kebencian orang-orang Yahudi terhadap Muhammad semakin menjadi-jadi, malaikat Jibril sebagai pembawa wahyu. Juga jadi sasaran kebencian orang-orang Yahudi, yang dianggap salah dalam menurunkan wahyu karena menurut mereka, yang benar itu wahyu dan Rasul di turunkan kepada orang-orang Yahudi bukan orang-orang Arab, sebab dari dulu-dulu rasul-rasul itu berasal dari kalangan orang Israel.

Hikmah dan Kesimpulan:
1. Bahwa malaikat jibril memberi wahyu kepada Nabi Muhammad itu bukan keinginan Jibril as dan bukan pula keinginan Nabi Muhammad, akan tetapi hal itu karena kehendak Allah “ ياذن الله “. Jadi malaikat Jibril bersikap menerima dan melaksanakan perintah Allah. Demikian pada Nabi Muhammad, tidak ada satu hadits pun maupun ayat Al Qur’an yang menyatakan Nabi bercita-cita ingin menjadi rasul Allah di kemudian hari. Maka kesan atau pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat di atas adalah mengajak agar kita ini bersikap rela menerima apapun yang datangnya dari Allah kita diperintahkan atau kita dilarang, contoh : kekayaan yang kita miliki atau  kemiskinan, ketampanan dan kecantikan wajah yang kita miliki atau kejelekkan, kesemuanya itu harus kita terima dan kita syukuri karena itu adalah kehendak Allah SWT.

2. Kebencian seseorang kepada kenikmatan orang lain pada dasarnya adalah kebencian mereka kepada Allah dan barang siapa yang membenci Allah maka dia kafir.
الحسديأ كل الحسـنات كماتأ النار الحطب

3. Bahwa hati yang bersih yang selalu ingat dekat, menerima apapun yang datangnya dari Allah, melaksanakan perintahnya dan dengan mudah mendapatkan ilham yang datangnya dari Allah SWT.
فانه نز له على قلبك بإذن الله
Previous
Next Post »