Al-Qur'an Sebagai Firman Allah

Al-Qur'an Sebagai Firman Allah

Al-qur’an merupakan wahyu atau kalam Allah yang di sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW.
Untuk membuktikan bahwa Al-Qur’an itu betul-betul dari Allah dan bukan buatan manusia maka allah telah menurunkan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai berikut:


A. KERAGUAN
Ini kitab yang tiada mengandung keraguan di dalamnya sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa. (S. Al Baqarah ayat 2)

B. KECURANGAN
Thaa’siin, inilah ayat-ayat Al Qur’an dan kitab Allah yang menjelaskan segala sesuatu. (S. Al Naml ayat 1)

C. PERTENTANGAN
Apakah mereka tidak meneliti ayat-ayat Al-Qur’an ? Andaikan Al-Qur’an itu bukan dari Allah, sudah tentu akan terdapat di dalamnya pertentangan yang banyak sekali. (S. An Nisa’ ayat 82)

D. KAJAHILAN
Dan Al Qur’an ini tidak diturunkan oleh syaitan. (S. Al Syua’ra ayat 210)

Ketika Al-Qur’an diturunkan, banyak sekali perdebatan-perdebatan mengenai kebenaran atau otentisitas Al-Qur’an sebagai firman Allah sehingga turunlah ayat-ayat yang artinya:
“Dan jika kamu tetap dalam keraguan tentang Al-Qur’an, yang kami wahyukan kepada hamba kami Muhammad, buatlah satu surat saja yang semisal Al-Qur’an itu , dan ajaklah penolong-penolong selain Allah, jika kamu memang orang-orang yang benar”.  (S. Al Baqarah ayat 23)

Surat tentang ancaman bagi orang yang menentang Al Qur’an:
“Maka jika kamu tidak dapat membuat (nya), dan pasti kamu tidak akan dapat membuat (nya) periharalah dirimu dari neraka yang bahan akarnya adalah manusia dan batu yang disediakan bagi orang-orang yang kafir”.  (S. Al Baqarah ayat 24)
Dan Allah menjamin bahwa Al Qur’an dipelihara dengan sebaik-baiknya.
“Sesungguhnya kami-lah yang menurunkan Al Qur’an dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya”.  (S. Al Hajr ayat 9)
Previous
Next Post »