Friday, November 4, 2011

Surat Al – Quraisy dan Kandungannya


A.     SURAT Al – Quraisy dan Kandungannya

1. karena kebiasaan orang-orang Quraisy,
2. (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas[1602].
3. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah).
4. yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.

B.     Penjelasan Ayat.
Ayat 1 menjelaskan akan kebiasaan suku Quraisy. Zaman dahulu mata pencaharian pada umumnya berdagang. Kota makkah sendiri berada diantara dua Negara yang menjadi pusat perdagangan, yaitu Syam (disebelah utara) dan Yaman (sebelah selatan). Negeri Syam (sekarang syuriah) merupakan pintu perniagaan yang menuju kearah laut tengah dan negeri-negeri sebelah barat Yaman membuka jalan dagang kenegeri-negeri sebelah timur sampai ke Hindia dan tiongkok. Penyebaran Islam di Indonesia melalui perdagangan dari Arab dan Mesir.
Ayat 2 menjelaskan perjalan dagang yang dilakuakan suku Quraisy. Pada musim dingin, suku quraisy biasa melakuan perjalanan kenegeri Yaman. Pada musim panas, mereka pergi ke Syam (Suriah), jalur perdagangan musim dingin, yakni Mekkah – Taif – Asir – Sari’adalah (Yaman). Jalur musim panas terdiri dari 2 jalur yakni Mekkah – Madinah – Damaskus; Mekah – humain – Badar – ma’an (Syirqil Urdun).nabi Muhammad pada umur 12 tahun sudah ikut berdagang ke Syam. Hal itu menunjukan bagaimana kuatnya jiwa berdagang suku Quraisy. Suku Quraisy memperoleh rejeki dari Allah AWT. Guna mencukupi kebutuhan hidup.
Ayat 3 mengingatkan suku Quraisy, umat Islam pada umumnya agar selalu bersyukur atas rejeki yang diberikannya. Mereka diperintahkan untuk beribadah kepada tuhan (pemilik) Ka’bah.
Ayat 4 menjelaskan wujud kasih saying-Nya kepada paa hambanya. Manusia diperintahkan menyembah (taat) kepada-Nya. 2 alasan pertama : Allah AWT telah menjadikan Ka'ba sebagai kiblat peribadatan umat Islam dan setiap tahun dikunjungi orang beribadah haji. Kedua : mereka telah diberikan rasa aman dari kecemasan, baik kecemasan dari hidup melarat maupun dari gangguan sesame manusia.


Penutup

Surat Al-Quraisy menerangkan penghidupan orang Quraisy serta kewajiban yang seharusnya mereka penuhi.

Pokok-pokok Kandungan Surat Al-Quraisy.

Peringatan kepada orang Quraisy tentang nikmat-nikmat yang diberikan Allah kepada mereka karena itu mereka diperintahkan untuk menyembah Allah.

Surat Al-Quraisy dan Kandungannya

Kemakmuran dan ketentraman seharusnya menjadikan orang berbakti kepada Allah. Kebiasaan orang Quraisy yaitu :
1)      Kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.
Penjelasan :  Orang Quraisy bias mengadakan perjalanan terutama untuk berdagang ke negeri Yaman pada musim dingin. Dalam perjalanan itu mereka mendapat jaminan keamanan dari pengusaha-pengusaha dari negeri yang dilaluinya. Ini adalah suatu nikmat yang amat besar dari Tuhan kepada mereka, oleh karena itu sewajarnya mereka menyembah Allah yang telah memberikan nikmat itu kepada mereka.
2)      Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan pemilik rumah ini (ka'bah)
3)      Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.
Penjelasan :  Dalam surat Al Quraisy, Allah menyatakan bahwa dia membearkan manusia dari kelaparan.
                Dalam surat Al Quraisy Allah memerintahkan menyembahnya (Allah).

No comments:

Post a Comment