Selasa, 07 Februari 2012

Iringan dan Tata Rias tari Hadrah


1.       Iringan Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep
Sesuai dengan fungsi iringan dalam sebuah tari adalah mengiringi, maka di dalam Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep ini iringan berfungsi untuk mengiringi jalannya tari Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep. Ada beberapa unsur seni yang terpadu menjadi keharmonisan rasa yangada pada seni hadrah yaitu: seni musik (sebagai unsur pokoknya), seni gerak, dan seni sastra (syair-syair).
Dalam Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep Iringan (Instrumen) yang digunakan yaitu: Terang dan Hajir. Serta didukung oleh vocal/syair-syair. Adapun notasi dan syair – syair iringan Tari Hadrah Markhaban Ala sumenep di lampiran.
2.       Tata Rias dan Busana Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep
Tata rias dan busana merupakan satu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya tat arias dan busana ini karakter sebuah tari dapat terlihat. Demikian pula dengan Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep ini, tata rias dan busana sangat mendukung sekali, karena dengan adanya tata rias dan busana ini Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep dapat menjadi satu kesatuan tari dengan khas serta karakternya.
Adapun tata rias dan busana pada Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep sebagai berikut:
a.       Tata Rias Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep
Bentuk tata rias Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep ini adakah tata rias tampan. Yang dimaksud tampan disini adalah rias keseharian / pentas yang tampan dan berkesan lembut. Karena tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep ini tidak ada penokohan-penokohan.
Sedangkan warna-warna yang digunakan pada tata rias ini tidak ada batasan, disini yang digunakan Cuma bedak, pensil alis dan pemerah pipi, lain dengan pentas-pentas yang umum, menggunakan make-up yang warna-warni. Fungsi tata rias disini supaya wajah tidak kelihatan berminyak (kumus-kumus).

b.      Tata Busana Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep
Fungsi tata busana di dalam sebuah tari adalah memperindah mauoun menunjang ekspresi. Sedangkan tata busana Tari Hadrah Markhaban menggambarkan pakaian seorang muslim, warna-warna yang digunakan adalah warna-warna yang mencerminkan keberanian dan keceriaan seorang muslim, namun tampan dan lembut bila dilihat.
Dalam Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep ini busana dapat ditambah asessoris yang dapat menambah menarik / karakter tari hadrah sesuai dengan kopyah/songkok. Tidak menutup kemungkinan bisa ditambah dengan broci-borci pada baju takwa / rompi supaya tidak kelihatan kosong. Karena Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep ini merupakan salah satu tari yang memang sengaja untuk dipertunjukkan.
Maksud penggunaan busana Tari Hadrah Markhaban Ala Sumenep sebagai berikut:
1.       Kopyah atau songkhok warna kotak-kotak merah putih.
2.       Baju takwa warna merah bata
3.       Rompi warna kotak-kotak merah putih (sama dengan songkhok)
4.       Kaos tangan warna putih
5.       Kencer warna kuning keemasan
Celana panjang warna putih mangkak (krem)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar